Muslim Uighur Yang Dibungkam

Kelompok-kelompok pegiat HAM mengutuk pemerintah China yang memberikan hukuman penjara kepada 2 Muslim Uighur atas kejahatan yang tidak diketahui setelah dideportasi dari Kamboja di mana mereka telah meminta suaka, Reuters melaporkan pada hari Jumat, 27 Januari.

“Pemenjaraan orang-orang ini, yang dideportasi paksa dari tempat mereka berlindung, harus berfungsi sebagai wake-up call untuk dunia tentang perlakuan yang brutal kepada orang Uighur yang mencari suaka,” Uighur American Association presiden Alim Seytoff mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dimuat di website kelompok advokasi itu.

Kembali pada bulan Desember 2009, 18 muslim Uighur  mencari suaka di Kamboja, dideportasi atas permintaan dari China setelah pemerintah Kamboja mengabaikan keberatan dari Amerika Serikat dan kelompok hak asasi internasional.

Dibawah keadaan yang penuh tekanan, sebuah pengadilan di wilayah barat Xinjiang menjatuhkan hukuman kepada Nurahmet Kudret, 35 tahun dan Islam Urayim, 32, untuk hidup di penjara. Kerabat dari orang-orang tersebut mengatakan kepada Uighur American Association dan radio yang berbasis di AS, Free Asia.

Orang-orang itu menjalani hukuman mereka di penjara terpisah di ibukota Urumqi, setelah mereka dihukum atas kejahatan yang tidak diketahui, kata penyiar.

Orang ketiga, Muhamad Musa, 25, dijatuhi hukuman 17 tahun pada bulan Oktober oleh pengadilan di kota Kashgar Xinjiang, katanya.

Ketiga orang itu termasuk di antara kelompok 20 orang yang mencari suaka di Kamboja saat pecahnya kerusuhan antara suku Uighur dan mayoritas China  Han di ibukota Xinjiang, Urumqi pada Juli 2009.

Mengutip kelompok hak asasi, Radio Free Asia mengatakan pencari suaka telah melarikan diri dari penganiayaan karena mereka telah menyaksikan pasukan keamanan China menangkap dan menggunakan kekuatan mematikan terhadap demonstran Uighur selama kerusuhan Juli 2009.

Ibukota Xinjiang, Urumqi, adalah tempat meletusnya kekerasan berdarah yang menargetkan suku Uighur muslim pada bulan Juli 2009. Pada hari-hari berikutnya, massa Han yang marah turun ke jalan  menyakiti suku Uighur muslim dalam kekerasan etnis terburuk di China dalam beberapa dekade terakhir.

Kerusuhan mengakibatkan hampir 200 orang tewas dan 1.700 orang terluka, menurut angka pemerintah. Tapi suku Uighur, minoritas Muslim yang berbahasa Turki, mengatakan jumlah korban jauh lebih tinggi dan terutama dari komunitas mereka.

Pemerintah China telah menghukum sekitar 200 orang, sebagian besar mereka orang Uighur, selama kerusuhan dan 26 dari mereka dijatuhi hukuman mati

China dan Kamboja telah lama menyimpan hubungan dekat, karena China memberikan sejumlah besar bantuan untuk negara miskin Asia Tenggara itu.

Dua hari setelah Kamboja mendeportasi Uighur Muslim pada Desember 2009, Wakil Presiden Cina Xi mengunjungi Phnom Penh dan menandatangani 14 kesepakatan perdagangan senilai $ 850 juta.

Pemerintah Kamboja membantah bahwa deportasi itu terkait dengan pengumuman pinjaman China sebesar 1,2 miliar dolar.

Konggres Uighur Dunia yang berbasis di Munich tahun lalu mengatakan bahwa negara-negara Asia telah memulangkan setidaknya 180 orang Uighur ke China sejak tahun 2001.

Xinjiang dan rakyat Muslim Uighur-nya, minoritas yang berbahasa Turki, merupakan populasi berjumlah lebih dari delapan juta, terus menjadi sasaran tindakan keras keamanan besar-besaran.

Muslim menuduh pemerintah menempatkan jutaan etnis Han di wilayah mereka dengan tujuan utama menghapus identitas dan budaya mereka.

Beijing memandang wilayah Xinjiang yang luas sebagai aset yang tak ternilai karena lokasinya strategis, penting dekat Asia Tengah dan  cadangan minyak dan gas yang besar.

[muslimdaily.net/onislam]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s