Amerika “mengubah” Perannya di Afghanistan

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Leon Panetta mengatakan, negaranya berencana untuk mengakhiri perang di Afghanistan pada tahun depan, dan beralih fokus pada usaha pelatihan dengan pasukan Afghanistan.

Namun, Panetta mengungkapkan keinginan Washington untuk “menghormati” semua negara-negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang memegang peranan di Afghanistan. Dalam KTT Lisbon yang diselenggarakan bulan November 2010 lalu, disepakati bahwa akhir proses peralihan tanggung jawab keamanan kepada pasukan Afghanistan adalah pada akhir 2014.

Panetta mengatakan kepada wartawan ketika pertemuan dengan para menteri pertahanan NATO, “kami berharap bisa mengakhirinya pada pertengahan 2013, dan pada fase kedua, kita bergerak dari peran pertempuran pada peran pelatihan dan bantuan.”

Ia menambahkan, “kami pergi ke sana (Afghanistan) bersama-sama, dan kami akan keluar bersama-sama, tapi kami harus melakukannya atas dasar aliansi yang kuat atas dasar komitmen kuat yang dibuat di Lisbon.” Dia menjelaskan bahwa kemajuan yang dibuat oleh pasukan koalisi internasional tahun lalu dalam melawan Taliban dan peningkatan pengaruh militer Afghanistan harus terus dilakukan di tahun ini.

Menurutnya, tahun 2013 adalah tahun “kritis” karena proses peralihan wewenang keamanan akan dimulai di daerah-daerah di negara ini. Dia mengatakan bahwa “2014 akan menjadi tahun promosi proses transisi, dan itu bukan strategi baru, tapi aplikasi dari strategi yang dikembangkan di Lisbon.”

Panetta mengatakan bahwa sejumlah pasukan AS akan tetap dikerahkan di Afghanistan pada tahun 2013. Dan akan dikurangi jumlahnya saat ini dari 90.000 ke 68.000 pada akhir musim panas.

Ini adalah pernyataan Panetta yang pertama kalinya, untuk menyarankan Departemen Pertahanan AS mengubah perannya di Afghanistan dalam waktu dekat ini. [muslimdaily.net/alj]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s